Parikesit Jadi Ratu Tutup Pekan KIM Jatim Ke IX Tahun 2017

Foto : sugeng JNR
Jatim Newsroom- Pekan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Provinsi Jawa Timur IX Tahun 2017 yang berlangsung mulai 12-16 September 2017 di Candra Wilwatikta Kabupaten Pasuruan, ditutup secara resmi oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Provinsi Jawa Timur Fatah Jasin.
Pada penutupan tersebut juga dimeriahkan pagelaran wayang kulit semalam suntuk oleh dalang Ki Anom Dwijokangko dari Kabupaten Blitar dengan ceritera Jumenengan Parikesit Jadi Ratu.

Fatah Jasin berharap dengan diraihnya prestasi para juara dalam pekan KIM IX -2017 ini, bukan merupakan akhir dari segala-galanya. Tetapi justru apa yang diperolehnya dari acara ini merupakan awal dari proses untuk bisa menyebar luaskan informasi yang didapatkan dari pekan KIM ini. KIM merupakan kelompok yang penting dan strategis karena akan menjadi kelompok terdepan untuk membantu program-program pemerintah untuk mensejahterakan  masyarakat.
Menurut Fatah, bangsa-bangsa didunia melalui PBB membutuhkan sebuah wadah atau kelompok apa lagi masyarakat kalau tidak berkelompok maka akan bisa ketinggalan kesempatan informasi. Oleh sebab itu pemerintah berkeinginan supaya mempunyai informasi yang baik, maka rujukannya adalah dengan KIM. Karena KIM ini sekali lagi diharapkan bisa membantu pemerintah mensejahterakan masyarakat.
Oleh sebab itu program-program apapun seperti ekonomi, pembangunan, kebudayaan dan lainnya harus disebarluaskan melalui KIM. Karena KIM sebagai mitra pemerintah dampaknya luar biasa karena bisa meningkatkan masyarakat menjadi sejahtera dalam arti sebenarnya.
Pekan KIM di Kabupaten Pasuruan dinilai cukup sukses dan berhasil dibanding dengan pekan KIM sebelumnya, tetapi keberhasilannya masih diperlukan evaluasi agar kedepan lebih baik lagi. Karena KIM mempunyai arti cukup penting di Jawa Timur maupun dikabupaten dan kota karena komsep pembangunan bisa diawali dari kelompok ini.
Menurut Fatah, ke depan KIM ini juga tidak hanya menerima arus informasi dari media cetak maupun elektronik tetapi KIM harus bisa membentuk dan menciptakan usaha-usaha yang dapat bermanfaat bagi kelompoknya. Yang selanjutnya bisa menggerakan roda perekonomian didaerah maupun ditingkat Jawa Timur. Yang berdapak pada pertumbuhan ekonomi dan produk domistik regional bruto (PDRB) meningkat.
Selanjutnya KIM yang jumlahnya sekitar 300 di Jawa Timur ini bersama pemerintah bisa menciptakan strategi yang berdampak mengurangi kemiskinan yang jumlahnya sekitar 11 juta orang. Selain itu mengurangi penganguran dengan membuka menciptakan lapangan kerja baru. Dengan berkurangnya kemiskinan dan pengangguran akan berdampak pada pemerataan kesejahteraan.
Setelah menutup Pekan KIM Provinsi Jawa Timur IX Tahun 2017, Fatah Jasin didampingi oleh Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf dan Kepala Dinas Kominfo Jawa Timur, Edi Santoso, menyerahkan hadiah kepada para pemenang Lomba yang merupakan rangkaian kegiatan Pekan KIM.
Berikut ini para pemenang Lomba dalam Pekan KIM Propinsi Jawa Timur Tahun 2017 : Juara 1 Pertura (Pertunjukan Rakyat) Grup Ngrito Laras Kab. Tuban, Sutradara Terbaik I Aditya Nur Rahmad Grup Ngrito Laras Kab. Tuban, Penulis Naskah Terbaik Bisowarno Grup Candra Kirana  Kab. Nganjuk Pemeran Pria Terbaik Sajiman Pemeran Dalang Grrup Omah panju dari Kata Kediri dan Pemeran Wanita Terbaik Ainani Jundah memeran Rusmini Grup Bhakti Praja Kab. Jombang. Sedangkan Juara 1 Stand Pameran Terbaik I Tingkat  (TK) Provinsi diraih BNN Prov Jawa Timur, Stand Tingkat Kab./Kota terbaik I  Kab. Pasuruan, Juara stand terbaik TK BUMN/BUMD Kopi Kapiten, Juara 1 pemandu stand terbaik TK Provinsi Aris Pratikno BNNP Jawa Timur, Juara pemandu stand terbaik TK  I kab/kota Didik Jatmiko dari Kab Bojonegoro, dan Pemandu stand terbaik I  TK BUMN-D/Swasta M Fajar Sidiq dari Taman Safari Prigen Pasuruan. (ryo)

Sumber : http://kominfo.jatimprov.go.id/read/umum/parikesit-jadi-ratu-tutup-pekan-kim-jatim-ke-ix-tahun-2017

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama