Pekan KIM IX-2017 di Pasuruan Berjalan Sukses

Foto : sug jnr
Jatim Newsroom – Pekan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) IX Tahun 2017 di Candra Wilwatikta Pandaan Kabupaten Pasuruan yang dimulai pada 12-16 September 2017 dinilai cukup berhasil dan sukses.
Kepala Dinas Kominfo Jawa Timur, Eddy Santoso, selaku Ketua Penyelenggara Pekan KIM IX-2017 saat Penutupan Pekan KIM IX-2017 di Candra Wilwatikta Pandaan Kabupaten Pasuruan, Sabtu (16/9) malam mengatakan, keberhasilan ini karena KIM saat ini mengalami perkembangan cukup berarti dibandingkan dengan pekan KIM sebelumnya. Tema utama pekan KIM, yakni “ KIM sebagai media jurnalisme warga” mendukung keberhasilan karena telah disambut positif peserta . Ini terbukti dengan tumbuh suburnya media-media KIM baik media online atau media sosial yang mampu menghasilkan informasi-informasi alternatif bagi masyarakat.

            Bentuk medianyapun beragam, tidak hanya media tulisan dan foto semata, namun sudah merambah media audio visual dalam format blog atau lainnya. Tingkat antusiasme yang tinggi juga ditampah dari peserta workshop TIK baik dari unsur masyarakat maupun dari KIM. Hampir setiap hari selama pekan KIM penyelenggaraan workshop TIK dipenuhi peserta.

            Selain itu, panitia sendiri tidak mau kalah dalam memperkuat nuansa teknologi informasi pada pekan KIM-2017 seperti pada penyelenggaraan video conference dan layanan video streaming di webset kominfo.jatimjatimprov.go.id. Berbagai inovasi tersebut ditambah dengan kehadiran UMKM di lingkungan pekan KIM-2017 semakin menambah meriah kegiatan.

            Pameran produk informasi dan pengenalan produk unggulan KIM kali ini, diikuti oleh 38 kabupaten/kota di Jawa Timur, 12 tingkat provinsi, BUMN, BUMD dan sponsor menempati 100 stand yang dikelola Dinas Kominfo Jawa Timur dan pemerintah Kabupaten Pasuruan.

            Selain diwarnai muatan teknologi informasi, Pekan KIM kali ini juga merupakan ajang melombakan berbagai kemampuan terkait penyebarluasan informasi dan pemanfaatan teknologi informasi. Seperti lomba Cerdik Cermat dan Komunikatif (LCCK) yang memadukan kemampuan berkomunikasih, penggunaan media dan pemanfaatan teknologi.

Festival pertunjukan rakyat (Pertura) juga telah menjadi ajang kreatifitas dalam menyebarluaskan informasi melalui media tradisional. Sedangkan lomba blog yang mengukur kemampuan anggota KIM dalam memanfaatan media online sebagai sarana penyebaran informasi.

Berbagai lomba dan festival tersebut menghasilkan kejuaraan yang cukup merata antara kabupaten/kota se-Jawa Timur.  Berikut hasil perlombaan pekan KIM-2017 Propinsi Jawa Timur Tahun 2017 :  Lomba Cerdik Cermat Komunikatif (LCCK) lomba yang diadakan pada 11 Septeber 2017 mencatat persaingan yang cukup ketat antara peserta yang mewakili setiap Bakorwil . Setelah melalui persaingan, dewan juri memutuskan juara I LCCK tingkat  satu Jawa Timur 2017 adalah KIM Mojo dari Kota Surabaya, juara II KIM Citra Taruna Kenanga dari Kota Madiun dan juara III diraih KIM Tretes Taman Wisata dari Kabupaten Pasuruan.

Untuk lomba blog telah diikuti oleh 46 KIM, dari setiap kabupaten kota di Jawa Timur. Melihat antusias peserta panitia menetapkan 10 besar blog yang dipersentasekan di hadapan dewan juri pada 15 September 2017. Setelah melalui penilaian oneline pengamatan langsung dan prosentasi peserta dewan juri memutuskan juara 1 lomba blog adalah KIM Sedang Potro Kab Bojonegoro. Juara II KIM Deru Madu Kab Bojonegoro dan juara III KIM Sukolilo Surabaya.

Festival Pertunjukan Rakyat (Pertura) dilaksanakan selama empat malam berturut-turut mulai tanggal12-15 September 2017. Dewan pengamat tidak hanya menilai penyaji grup terbaik juma menilai dari sisi individu seperti sutradara terbaik, penulis naskah terbaik, aktor terbaik dan aktris terbaik. Setelah melihat aspek seni pertunjukan penyampaian informasi dan STTika penampilan dewan pengamat memutuskan; grup penyaji terbaik 1 festival pertura ;  Grup Ngrito Laras Kab. Tuban, penyaji terbaik II Candrakirana Kab Nganjuk dan penyaji terbaik  III  adalah omah panji dari Kota Kediri.

 Sutradara Terbaik I Aditya Nur Rahmad Grup Ngrito Laras Kab. Tuban, Penulis Naskah Terbaik Bisowarno Grup Candra Kirana  Kab. Nganjuk Pemeran Pria Terbaik Sajiman Pemeran Dalang Grrup Omah panju dari Kata Kediri dan Pemeran Wanita Terbaik Ainani Jundah memeran Rusmini Grup KIM  Bhakti Praja Kab. Jombang.

Sedangkan Juara 1 Stand Pameran Terbaik I Tingkat  (TK) Provinsi diraih BNN Prov Jawa Timur, Stand Tingkat Kab./Kota terbaik I  Kab. Pasuruan, Juara stand terbaik TK BUMN/BUMD Kopi Kapiten, Juara 1 pemandu stand terbaik TK Provinsi Aris Pratikno BNNP Jawa Timur, Juara pemandu stand terbaik TK  I kab/kota Didik Jatmiko dari Kab Bojonegoro, dan Pemandu stand terbaik I  TK BUMN-D/Swasta M Fajar Sidiq dari Taman Safari Prigen Pasuruan. (ryo)

Sumber : http://kominfo.jatimprov.go.id/read/umum/pekan-kim-ix-2017-di-pasuruan-berjalan-sukses 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama